Sunday 1 March 2015

Cara Layout Cover Dengan Photoshop

Hallo Kawan, Berjumpa lagi dengan saya Andy di Dunia Maya .. hehe
kali ini saya akan memberikan ilmu dari pelajaran yang saya pernah pelajari sebelum nya, Cara Layout Cover dengan Photoshop ini sangat di perlukan untuk kalian yang ingin melamar menjadi seorang operator Komputer pada percetakan buku, nah saya akan sharing bagaimana cara pembuatanya, tidak usah basa basi lagi ayo langsung ke TKP.
anda dapat mengambil bahan nya di bawah ini sebagai latihan. (contoh Buku Business Ethics)




1. saya akan membuat cover untuk buku Hard Cover, sebelum membuat nya kalian harus Scan & Mengukur tinggi, lebar dan tebal buku dahulu buku yang akan di buat, sebagai contoh saya memakai buku ukuran A4, dengan Tinggi 29,7cm x 21cm dan sebagai contoh dengan ketebalan buku 1cm. tapi saya akan menambahkan 0.2cm untuk setiap pembuatan Hard Cover (Tapi hal ini tidak berlaku untuk Soft Cover)


• Buka Photoshop Kalian, tekan CTRL + N pada keyboard untuk membuat new page.
• ubah preset (custom) isi pada kolom width isi 1.2cm, pada kolom height isi 29.7cm sesuai dengan tinggi buku, lalu OK.

2. Berikan Grid / Rulers untuk memberikan batasan, dengan cara geser rulers ke setiap sisi kertas.
jika di Photoshop kalian blum ada rulers, silahkan tekan Ctrl + R, atau anda bisa cari di View pada toolbar dan pilih Rulers. 

 3. Tambah kan Canvas lagi untuk sisi Punggung (hal ini tidak berlaku pada Soft Cover)
dengan tekan alt + ctrl + C pada keyboard, setiap Hard cover memiliki sisi punggung yang relatif tergantung permintaan tukang jilid nya, ada yang 0.7cm / 0.8cm & 0.9cm. sbg contoh kita pakai penambahan 0,9cm
• Ceklis Relative nya untuk mempermudah penambahan canvas lalu isi dengan 1.8cm pada kolom width, kenapa 1.8? karena 1.8 adalah hasil penjumlahan 0.9 + 0.9. select Anchor bagian tengah

4. Maka hasil nya akan seperti gambar di bawah ini, kemudian berikan grid lagi pada setiap sisi kertas seperti pada contoh No.2. 

5. Berikan Canvas Lagi untuk tampak depan dan tampak belakang dengan cara tekan (alt + ctrl + C) berikan 21cm + 21cm = 42cm, isi kolom width dengan ukuran 42cm sesuai buku yang kita ukur. 

6. Setelah pembuatan Pola selesai, maka kita masukkan gambar cover nya, setelah itu crop atau seleksi bagian sisi punggung dengan Pilih tool Rectangular Marquee
 Lalu geser hasil seleksi kita ke sisi belakang cover
 setelah itu pilih Move tool lalu select Layer tampak belakang cover
lalu tekan alt pada keyboard + click kiri pada mouse pada area seleksi
dan geser ke arah sisi punggunguntuk menduplikat 
 klik kanan pada garis bagian garis Seleksi dan pilih Flip Horizontal untuk menjadikan Mirror
lakukan hal yang sama pada Cover tampak depan nya.

7. Setelah semua selesai, tambahkan Sisi pada canvas Widht & Height dengan tekan alt + ctrl + c , tambahkan sekitar 1.5cm pada setiap sisi 1,5 + 1,5 = 3cm (untuk soft cover cukup tambahkan 0.5cm pada setiap sisi)
 8. Kemudian Combine ketiga layer bagian tampak depan, belakang dan punggung dengan cara select ketiga layer itu dan klik kanan kemudian pilih Merge Layer.

9. Untuk menambahkan Canvas nya silahkan lakukan hal yang sama pada cara No.6. untuk bagian atas dan bawah Pilih Flip Vertical (Bukan Horizontal)

Selesai


Semoga artikel dapat bermanfaat untuk kalian, good luck.
jika berhasil saat nya untuk bilang . . . S E M P U R N A


No comments:

Post a Comment